Tuesday, February 9, 2016

Rantau Adventure #1: Beyond Expectation

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

Excited! Akhirnya bisa keluar Jakarta dan merantau sendirian. Berbulan-bulan.
Lepas dari semua kesibukan dan penatnya Jakarta, begitu pula dengan segala kehectican disana. 
Oiya lupa Intro hehe. Jadi tepatnya kemarin (8-Feb-2016), aku sampe di Kampung Inggris (Pare, Kediri) buat mantepin IELTS abillity aku nanti sebagai salah satu persyaratan apply beasiswa. 

Udah itu doang intronya :v

Terlepas dari semua itu, ada sesuatu hal yang bisa dibilang seperti pribahasa dari tujuan aku kesini yaitu "Sambil menyelam minum air" alias belajar sambil hibernasi :D
Hibernasi dari segala macam bentuk kenikmatan hidup, dimana semuanya ada, mudah dan menyenangkan. Ada semacam perasaan yang muncul dan bilang "this is enough". Aku gak bisa belajar tentang arti kehidupan kalo gini caranya. Bagaimana kesulitan dan masalah bisa bikin aku banyak belajar, makin kuat dan juga lebih dewasa.

Sampe-sampe.. entah ini normal atau nggak. Sama sekali gak ada perasaan berat atau sedih waktu ninggalin rumah dan pisah sama ayah ibu tadi. Gatau lah.. Coba yang ngerti ilmu psikologi bantu jelasin ini penyebabnya apa :v

Sebelum berangkat kesini, ada banyak review yang aku baca sebagai guiding biar nanti disini gak buta-buta amat. Abis baca-baca akhinya muncul sebuah ekspektasi dan harapan dari tempat ini yaitu disini adalah tempat yang cocok buat aku take a hard time karna kehidupanya cukup jauh dari berbagai macam kemodernan di Jakarta.

Mulai dari:
1. Gak ada tukang nasi padang (point penting)
2. Di kamar asrama gak ada kipas, lemari dan bantal.
3. Mau mandi harus pompa dulu.
4. Signal bapuk.
5. Dan  segala macam hal lain yang bisa bikin ada komentar "gila kampung amat".

Pokoknya aku udah persiapin diri buat ketemu dengan segala macam hal-hal pait yang sekiranya bakal aku temuin disini. Tapi ternyata eh ternyata............
This is beyond my expectation.

Oke. Waktu sampai stasiun Kediri dan melihat seperti apa kondisinya disana, masih muncul pemakluman-pemakluman : "Oooh.. masih di kota sih..". Ketika perjalanan terus berlanjut dan sawah mulai banyak terlihat di sisi-sisi sepanjang jalan, pemikiran lain muncul : "Akhirnya.....".  Tapi waktu sampe di Pare, area Kampung Inggrisnya, langsung deh tercengang.

Apaaa?? Cappucino cincau??
Apaaa?? Ramen??
Apaaa?? Es pisang ijo??
Apaaa?? itukaaan warung nasi padang!! dan makin tercengang ketika di papannya ada tulisan 6.000-9.000.
Gak tau harus seneng atau tepok jidat -_-

Sesampainya di lembaga, masih dengan iringan ayah dan ibu. Akhirnya aku naro barang-barang di kamar asrama berhasil tanpa ditemenin ibu. Soalnya khawatir ntar jadi ribet kalo ibu liat dan nganggep  fasilitasnya bisa bikin anaknya ini gak nyaman. Hm -_- Terbukti dari pertanyaan2 di WA setelahnya. Dan ternyata fasilitas di kamar oke kok, ada kipas, bantal dan almari kecil. Btw, di awal sebenernya aku pengen berangkat sendiri kesini naik kereta, tapi lagi-lagi gak dibolehin. Padahal aku pede-pede aja buat berangkat sendiri walaupun pengalaman bolang keluar Jakartanya belom banyak-banyak amat.

Pupusnya keinginan buat berangkat sendiri, sejalan dengan pupusnya harapan buat tinggal di area kampung yang di sekitarnya mayoritas masih sawah. Jalan Brawijaya itu mirip sama area Cireundeu, TangSel. Bedanya disini gak macet dan banyak sepeda sliweran. Banyak juga warung-warung makan yang dengan gagahnya nepelin list harga kurleb 4.000-6.000 buat seporsi makan kenyang pake nasi.

Begitulah opening rantau adventure kali ini, banyak hal yang diekspektasiin tapi gak kesampean. Tapi banyak juga hal-hal lain yang lagi-lagi berhasil menutup semua kekecewaan yang muncul, yaitu.. i still getting a lot of experiences, new life and new adventure!

Nb : Tulisan perdana ini disponsori oleh Wi-fi asrama -_-

No comments:

Post a Comment