Wednesday, March 2, 2016

Rantau Adventure #3: Learn from Mistake

Kesalahan akan membuatmu belajar. You have to be proud when you do some mistakes because you’ll get a new thing from that mistake, new experience for you to learn and you can share it with everyone. So, the other people don’t have to do the same thing.

I wanna tell you about my mistakes when i stay in Pare (Kampung Inggris), actually it’s just a bad things which combine with my less experiences to survive.

((ganti pake Bahasa biar lebih enak))

#1 Kesalahan Pertama: Milih sepeda pasaran
Akibatnya  adalah.. sepeda kemalingan di minggu pertama. Semakin pasaran warna dan jenis sepeda, maka akan semakin besar kemungkinan buat dimaling. Karna cuma nomor kecil di belakang sepeda dan kunci sepeda yang bisa ngebedain sepeda kamu sama sepeda orang lain.

Yup, di camp ada 3 orang yang sepedanya sama kayak aku. Sepeda udah dikunci di dalem gerbang di hari Jum’at dan dia lenyap di Sabtu paginya. Sempet ngira sepedanya dipinjem karna mungkin kuncinya sama atau sepedanya ketuker, yaa tetep coba positif thinking dan berusaha buat nyari ke camp tetangga siapa tau ada. Tapi ternyata emang ilang beneran. Alhasil aku harus bayar ganti rugi.. Alhamdulillah gak nyampe lebih dari 500 ribu. Ya cukup bikin duit bulan pertama jadi ngepas aja gak sampe kekurangan.

Akhirnya seminggu setelahnya, aku sewa sepeda lagi di tempat lain dengan harga yang lebih murah, warna anti mainstream dan kondisi yang lebih bagus :)

Aku sempet mikir, ya ini emang yang terbaik dan pasti ada sesuatu hal baik tersembunyi dari kejadian ini. Oiya, kejadian ilangnya sepeda ini terjadi 1 minggu sebelum aku gowes ke Gumul dari Camp. Jujur, aku kurang yakin dengan si sepeda biru (sepeda pertama) buat aku pake gowes jauh gitu ke gumul  karna kondisi sepedanya gak maksimal menurut aku.  Dan akhirnya aku pake sepeda sewaan baru buat gowes ke Gumul dan Alhamdulillah sepedanya lebih nyaman dan lebih enteng buat digowes jauh ke Gumul.

Betewe, sepeda pasaran di Kampung Inggris itu mereknya Jienyang dan warnanya pink, ungu dan biru tua. Jadi usahakan buat menghindari 3 warna ini.

#2 Kesalahan Kedua: Terlalu Polos
Nah.. mencoba memaklumi diri sendiri yang masih kurang pengalaman disini khususnya tentang transportasi umum. Abis ini aku gabakal mau iya-iya aja, pertahankan pendirianmu!

Jadi waktu kemarin balik ke Jakarta, aku naik angkot dari depan camp (Jln. Anggrek) buat ke Stasiun Kediri. Nanya sama ibu2 jualan Pentol, ongkosnya 25 ribu buat ke Stasiun. Nah akhirnya ada angkot dan aku tanya dulu ongkosnya berapa buat ke Stasiun. Kesalahan pertama terjadi, aku nanya harga bukan nembak harga. Harusnya aku bilang 20 kan pak ke stasiun, bukan “berapa pak ke stasiun ?”. Jelas kena lah langsung. Dijawab “Stasiun kan? 30 neng”. Dan tentu aku tawar, tapi gak dikasih. Yaudahlah aku pikir juga cuma beda 5 ribu. Akhirnya aku naik dan duduk di depan.

Sempet ngobrol2 lah dan kesalahan kedua terjadi: Jangan ngaku dari Jakarta! Atau kota2 besar lainnya yang bikin kamu keliatan bisa ditipu dan dikasih harga mahal. Obrolan berlanjut dan si bapak nawain buat dianter sampe stasiun, terus aku bilang “lah kan saya emang sampe stasiun pak”. Si bapak bilang “sampe stadion brawijaya mba 30, bukan stasiun. Kalo stasiun 40”. Tuh mulai kampret deh.

Sebelumnya aku sempet baca kalo dari stasiun kediri ke pare kita harus naik becak dulu ke kantor pos. Nah yauwes aku memutuskan buat ke kantor pos aja dan aku coba liat di google maps jarak kantor pos sama stasiun, oh ternyata deket. Tapi kantor pos lebih jauh daripada stasiun kalo dari Pare. Langsung aku tanya ke bapaknya dan terjadilah percakapan begini:

“Kalo ke kantor pos berapa pak?”.
 “25 mba”.
 “Bukannya 20 pak?”.
“Iya boleh 20”.
“Oh yaudah pak saya ke kantor pos aja”.
(KENA DEH XD)

Sepanjang jalan aku pantau terus lewat google maps soalnya aku pengen turun di perempatan jalan deket stasiun dan tinggal tinggal jalan kaki dari sana. Tapi ternyata si bapak malah belok ke jalan yang pengen aku turun dan berentiin aku di stasiun. Padahal aku udah bilang minta turun di perempatan. Yaudah aku bayar 20 sesuai deal awal, tapi si bapak minta 30 dan beralasan udah dianterin sampe stasiun. Ya aku bilang “kan saya minta anter kantor pos pak, 20 ribu. Saya tau kok pak kantor pos lebih jauh”. “Tapi saya motong jalan blablabla daripada mba keujanan”. (kondisi mulai gerimis).

Dan aku tau itu cuma ngeles2an doang. Jadi aku coba cari jalan tengah dan nambah 5 ribu aja tapi berhubung aku cuma punya selembar 10 ribu, selembar 2 ribu, selembar gocapanan dan resenya si bapak aku tanya punya 5 ribu dia gak mau ngasih (padahal tadi ada duit2 receh ongkos penumpang sebelumnya). Yauwes karna sama2 gak mau ngalah aku kasih selembar 2 ribu sama 500an 3 biji sambil bilang maaf ya pak saya gak ada 5 ribuan. END.

Itu baru berangkat ke stasiun. Naah kejadian serupa terjadi juga waktu aku balik dari Jakarta, waktu mau naik becak dari stasiun buat ke camp.

Waktu keluar stasiun, di pintu keluar udah banyak tukang becak yang nawarin buat “Pare neng Pare, Kampung Inggris”. Nah niatan aku awalnya pengen kedepan dulu buat ambil becak diluar dan minta anter ke kantor pos.  Tapi ada satu bapak becak yang ngikutin aku dan nanya-nanya mau ke Pare kan, akhirnya aku tanya harga dan dijawab 20 neng. Aku jawab sambil senyum-senyum “nggak ah pak, orang 10”. Karna aku tau harga aslinya 10 ribu.  Terus aku minta 10 ribu gak dikasih, yaudah. Dia nembak nanya “Dari Jakarta ya neng?” Aku jawab “Iya pak”. Kemudian si bapak nurunin harga jadi 15 dan aku ambil aja karna males ribet dan kasian -_-

Waktu becak mulai jalan aku langsung bilang “Ke kantor pos ya pak”. Dijawab “Jangan ke kantor pos mba gak ada angkot dari sana, saya potongin jalan”. Oooh okee.. entah mindset waktu itu positif aja sama si bapak dan akhirnya aku tanya-tanya si bapak becak.

“Udah dari jam berapa pak di stasiun ?”.
“Waah saya mah udah dari jam 1 pagi neng nungguin yang dari Surabaya blablabla (ngejelasin jam-jam datengnya kereta dari tiap daerah) dan ujung-nya dia bilang
“Tapi saya paling seneng nyari penumpang dari Jakarta sama Bandung neng”.
“Hahaha kenapa pak emangnya Jakarta sama Bandung ?”
“Hehehhe.. (diam beberapa detik) soalnya bisa dikasih harga lebih hehhehe”.
“Oooh gitu pak hahaha” sambil mikir wah kena dong nih berarti -_-

Dan ternyata si bapak nurunin aku di tiga angkot yang lagi ngetem dengan isi keriwehan di angkot paling depan, karna itu yang diisi duluan sama orang lain kayak aku.

Waktu aku turun dan mau bayar, tas aku langsung mau diangkut sama supir angkotnya dan aku langsung refleks “wes wes pak tardulu pak woles”. Terus si bapaknya nanya “apa neng?” sambil ngelepas tas aku (dia gak ngerti artinya woles pasti -_-). Disini aku tau aku masuk jelabakan betmen, si bapak becak udah kerjasama sama si supir angot buat nyari orang dong-dong biar bisa dikasih harga mahal. Kena lagi  Z banget -_-

Yauwes karna udah disitu ya aku tanya berapa ongkosnya dan dijawab 30. Z lagi nih aturan kan 20 paling mahal kalo bawa tas gede. Lah sedangkan aku cuma bawa ransel doang, gak nyampe naro koper segede gaban di atas mobil. Aku bilang bukannya 20 pak? 30 neng dianter sampe campnya. Terus disamber sama bapak-bapak satunya.

“Campnya emang dimana neng?”
Aku jawab aja “Brawijaya” jalan utama di Kampung Inggris yang paling rame dan mayoritas lembaga ada disana.
Terus dijawab “Waah itumah jauh neng”.
Langsung aku tatap si bapak gaje itu dengan sinis sambil bilang “Jauh apanya sih pak? Orang semuanya disitu. Saya udah 3 minggu pak disini.”
Terus cuma dijawab “hahahha” sama si bapak gaje.
Anjaaas bawaannya pengen muay thai orang kayak gini -_-

Terus si bapak angkot langsung nembak “Mau apa nggak 30, kalo nggak gausah naik” dengan nada rada bentak sambil natap muka. Asem malah dia yang galak dan gatau kenapa waktu itu rada ceming gara-gara mukanya serem. Jadi cuma bisa jawab “30 pak?”. Dijawab “Iya kalo gak mau naik yang lain”. Aku jawab “yaudah”.

Berhub ngejar masuk kelas jam 8:30 yaudah.. biarin.. daripada nunggu angkot lain penuh lagi. Yang penting besok gak bakal boleh kena jebakan betmen lagi. Harus naik becak dari bapak-bapak  yang standby di depan stasiun biar gak kena oknum-oknum gini dan minta anter ke kantor pos.

Campur aduklah seperti biasa hati ini, kesel kena tipu tapi tetep seneng juga dapet pengalaman baru. Soalnya ini pertama kali jatohnya buat backpaker sendirian eeh kena tepu :v

..............................................................
update pulang dari pare :

Masalah dan keresahan akan Transportasi di pare terpecahkan!
Alhamdulillah dapet nomor bapak angkot pare yang paling murah, 15 ribu dari pare ke stasiun! Dijemput di lembaga pula. Beliau bernama pak Adi (085648749118).
Semoga pak Adi selalu diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah Swt.
Seneng banget rejeki ketemu pak adi yang gak kayak bapak2 angkot lain huaaaaa D':

No comments:

Post a Comment