Tuesday, July 5, 2016

Rantau Adventure 7: Kuliner Wajib Kampung Inggris

Bukan Radita namanya kalo dateng ke tempat baru tapi gak bergerilya nyobain makanan-makanan enak disana hohoho. Setelah 5 bulan stay di Kampung Inggris (Pare-Kediri), finally I found some recommended food stalls that you have to try immediately! By the way, i prefer to make a rank based on my personal experiences in order to choose which one is the best. Here they are our top 10 :
(Note: karena gak ada foto tempat makannya jadi aku coba bikin map lokasi mereka aja ya biar lebih gampang nemunya)

10. Pecel Arimbi
Beliau, Ibu yang nge-lead warung pecel di Jalan Anggrek ini adalah sosok yang akan memanggil kamu, sang pembeli dengan panggilan “wong ayu/ cah bagus”. Banyak English Survivors yang mampir kesini di waktu sarapan mulai dari jam 6 pagi sampai sekitar jam 10. Awalnya sempet salah paham waktu pesen makan disini, maklum beda bahasa haha. Waktu itu aku pesen pecel (tanpa nasi), tapi malah dikasih pakai nasi. Jadi ternyata kalo pesen pecel aja itu bilangnya pecelan dan kalo pake nasi ya bilangnya nasi pecel atau pecel.
Variasi lauk disini ada banyaak banget mulai dari telor sampe ayam, ada juga lontong sayur/ opor dan gado-gado. Soal harga, don’t be worry.. pecelan adalah menu yang paling murah (4.000) dan nasi beserta ayam gak nyampe 10 ribu kok, sekitar 7.000-8.000 (maklum gak pernah beli nasi ayam pagi-pagi -.-).
Overall:
Taste JJJ
Price JJJJ
Service JJJJ

9.Soto Lamongan Kilisuci
Nah.. ini dia soto lamongan yang patut untuk diperhitungkan. Letaknya pas di depan taman Kilisuci Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa (depan plang tulisan). Entah emang di Jakarta gak ada atau emang kurang bergaul sama warung-warung soto selama 22 tahun belakangan, baru disini ketemu soto yang nyedian bubuk koya di tiap mejanya (alias bisa nambah sampe mabok).
Lumayan bikin nagih karena porsinya lumayan banyak dan ayamnya gede-gede. Dibikininnya cepet banget, cuma sekitar nunggu 3 menitan dan dia akan sampai di meja kamu dengan menggoda hahaha. Soal harga, waktu pertama kali kesini (Maret 2016) harganya masih 10.000. Tapi terakhir kesini pas lagi buka puasa, harganya naik jadi 12.000. Buat anak rantau macam saya mah sekali makan 12.000 lumayan juga :v
Overall:
Taste JJJ
Price JJJ
Service JJJJJ 

8. Bu Tin
Disini menunya ada banyak! Mulai dari ayam bakar/ goreng, soto, telor, rawon dan kawan-kawannya. Hargapun gausah ditanya, tentunya muraaah. Ayam bakar 8 ribu dan menu lainnya gak jauh dari range 6.000-10.000. Oiya, ayam bakar disini termasuk lumayan gede kalo dibanding sama food stalls lain yang provide menu ayam.
Salah satu point penting ketika makan, sambel. Nah Bu Tin ini termasuk sosok yang berhasil menciptakan sambel dengan rasa yang mantep. Jadi gak akan nolak kalo diajak temen-temen makan disini lagi. Lokasi: Jalan pancawarna.
Overall:
Taste JJJJ
Price JJJJ
Service JJJJJ

7. Two in One (2 in 1)
Nyeseeeel baru sekali kesini.. karena nemunya pas minggu-minggu terakhir stay di Pare. Sekalinya mau kesini lagi si Bapak udah tutup, mungkin udah mudik duluan. Menurut aku, selama 5 bulan ngubek-ngubek Pare buat nyari sambel yang paling enak.. yes, my heart 100% fall for you. Especially buat sambel tomatnya.
Disini ada 4 macam sambel (terasi, tomat, bawang, satu lagi lupa) dan aku baru nyobain terasi dan tomat. Kata temen yang ngerekomendasin tempat ini, sambel bawangnya lebih enak dari ketiga kawannya. By the way, disini menunya beragam dan ayam gorengnya 8 ribu dengan ukurannya yang lumayan, mirip-mirip sama Bu Tin. 2 in 1 ini lokasinya di pertigaan depan kali yang mau ke arah tansu.
Overall:
Taste JJJJJ
Price JJJJ
Service JJJJJ

6. Nasi Goreng Kambing
Lokasinya ada di ujuuuuuuuuung banget Jalan Brawijaya di pertigaan sebelah rental PS. Bukanya setiap magrib sampe malem dan menurut aku ini adalah nasi goreng paling enak setelah muter-muterin Kampung Inggris. Soalnya beberapa ada yang rada tasteless waktu nyoba-nyoba di dua minggu pertama stay disini. Si Bapak punya list menu di gerobaknya dengan range mulai dari 9.000 (ayam telor) dan 13.000 (kambing). Porsinya luar biasaaah.. banyaak! Sesuai sama harganya. Buat perut-perut macam saya ya sabi lah kemari biar gak jajan lagi abis makan hahaha.
Overall:
Taste JJJJJ
Price JJJJ
Service JJJJ

5. Mie Djoedes
Ini diaa salah satu tempat favorite karena enak juga buat ditongkrongin kalo malem minggu tanpa harus mengeluarkan uang berlebih. Menu andalannya adalah Mie dengan level 1 dari yang gak pedes sama sekali sampe level 6 yang dijamin bakalan bikin keringetan.
Dekorasi tempat yang mirip-mirip cafe di Jakarta awalnya bikin aku agak segen masuk karna udah berasumsi harga makananya pasti mahal. Tapi ternyata, cukup 6.000 buat setiap piringnya dan gak menutup kemungkinan buat bikin kamu pesen piring selanjutnya. Lokasinya sederetan sama taman Kilisuci (Jln. Pahlawan Kusuma Bangsa) dan akan selalu penuh ketika kamu kesini waktu malem minggu. In addition, waktu kesini untuk terakhir kalinya sebelum pulang kemarin.. harganya naik jadi 6.500/porsi.
Overall:
Taste JJJJJ
Price JJJJJ
Service JJJJJ

4. Ketan Susu (Tansu)
Naaah ini dia food stall paling fenomenal di Kampung Inggris, Tansu alias Ketan Susu! Enaaaaaaaaaaak dan lokasinya di pinggir sawah Jln. Pancawarna karena pemandangannya luar biasa buat aku anak Jakarta yang jarang jarang jarang banget liat sawah. Betah disini berlama-lama, terlebih karena tansunya enak dan murah (3.000/porsi). Waktu pertama kali kesini, terkesan gara-gara saking enaknya dan niat mau makan tiga porsi. Tapi ternyata makan satu aja udah kenyang dan niatpun diurungkan..
Overall:
Taste JJJJJ
Price JJJJJ
Service JJJJJ

3. Bu Maryam
Masih gak kebayang sebenernya.. dengan 7.000 kita bisa loh makan sekali aja dalam sehari kalo kesini, pake ayam pula. Karena disini kamu all you can eat nasi, ayamnya gede bangeeeet (pake banget) pokoknya ayam terGEDE yang pernah aku temuin di Pare! Sambelnyapun baru akan diulek di depan mata kamu abis kamu pilih lauk buat digorengin. Sambelnya enak juga, terenak kedua setelah 2 in 1.
Selain ayam, disini juga ada lele dan ati ampela. Banyak temen-temen (terutama pria) yang langganan di Bu Maryam setiap hari karena harganya murah dan porsinya yang banyak. Oiya, disini bukanya dua periode setiap hari (pagi & sore) dan biasanya suka pada pesen duluan gitu (dateng/sms) karena cepet banget habis. Dari depan Bu Maryam ini gak mirip warung makan tapi kayak rumah biasa (Jalan Sakura), tapi tenang.. ada spanduknya kok jadi masih bisa kedetect.
Overall:
Taste JJJJJ
Price JJJJJ
Service JJJJJ

2. Nasi Padang Murah Meriah
Makanan kesukaaan!! Speechless sebenernya waktu nyampe di Kampung Inggris Februari kemarin dan ternyata disini ada yang jualan nasi padang. Awal-awal aku lebih sering makan Padang di Warung Sumatera (Jalan Brawijaya) karena cuma disana yang nasi padangnya gak tasteless menurut aku. Terlebih kuah, sambel, sayur, lauk bisa ambil sendiri. LUAR BIASAAAAA!! Mana ada macam begini di Jakarta. Untuk rendang, harganya 14.000 sama kayak di Warung Padang langgganan deket rumah.
Unfortunately, ada saingan Warung Padang baru dengan nama Nasi Padang Murah Meriah dan yang aku tau mereka punya tiga cabang. Satu di Brawijaya (sederetan Warung Sumatera), kedua di deket 2 in 1 dan terakhir di Jalan Raya deket Tansu.
Nah aku paling rekomendasiin yang deket 2 in 1 karena nasinya bisa ambil sendiri , beda sama di Brawijaya yang masih diambilin. Jadi buat yang perut-perut karet bisa bebas mau bangun gedung nasi berapa tingkat :v
Point plusnya adalah.. disini lebih murah (rendang 10.000) dan sambelnya lebih enak dibanding Warung Sumatera karena sambelnya diulek bukan diblender. Sambel is everything.. tapi kalo kuah, juara tetep Warung Sumatera.
Overall:
Taste JJJJJJJJ
Price JJJJJ
Service JJJJJ
   
1. Dapur Jawa
Ini dia the most recommended food stall that should be visit! Ketemu Dapur Jawa itu.. rasanya kayak surga setelah beberapa minggu gak pernah dapet makanan greget di awal-awal masa stay disini. Salut sama bumbu-bumbunya yang luar biasa tasty dan rasanya lebih enak dari beberapa resto terkenal yang pernah aku cobain di Jakarta.
Lokasinya ada di pusat peradaban Kampung Inggris alias Jalan Brawijaya (depan Warung Sumatera). Ada banyak variasi menu mulai dari 6.000 sampai puluhan ribu untuk menu khusus kayak kepiting. Tapi yang wajib dicoba disini adalah Kari ayam, krengsengan, ayam masak merah, urap dan es teh tarik! Yup, tempat ini berhasil jadi mood booster aku selain nasi padang ketika tugas lagi bejibun. Terutama perpaduan antara kari ayam dan es teh tariknya J
Overall:
Taste JJJJJJJJJJ
Price JJJJJ
Service JJJJJ


Additional Info:
Selain TOP 10 diatas, ada beberapa warung prasmanan rekomen juga yang bisa dikunjungi:
1. Warung Sebrang Masjid deket TEST (Jln. Brawijaya)
2. An-Nur (pertigaan arah tansu - Jln. Glagah)
3. Wakapo (pertigaan Jln. Anyelir)
4. Sakinah (Jln. Brawijaya deket pertigaan mau ke Jln. Anggrek)

No comments:

Post a Comment